4 Cara Ampuh Ketahui Seseorang yang Berbohong

4 Cara Ampuh Ketahui Seseorang yang Berbohong
Semua orang pasti akan merasa kesal saat dibohongi. Apa kamu ingin mengetahui apakah seseorang tengah berbohong atau tidak?

Ya, sebenarnya kamu tidak perlu belajar khusus untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak lho. Kamu bisa menggunakan cara sederhana yang dikemukakan oleh seorang ahli psikologi R. Edward Geiselman, profesor psikologi dari UCLA. Menurut sang professor, kita hanya cukup pelajari triknya saja.
Temuan yang telah dimuat dalam American Journal of Forensic Psychiatry ini memang diperuntukkan khusus bagi para petugas hukum. Geiselman menjelaskan, teknik ini juga dapat dipakai oleh siapa saja, termasuk kamu. Nah, Berikut tips ampuh untuk mengetahui orang yang berbohong:

1. Simak dengan baik ketika dia bercerita

Biasanya cerita mereka cenderung sekilas dan hanya di permukaan saja. Menurut Geiselman, sebagian orang yang berbohong justru cenderung tidak mau berkata banyak. Penyebabnya, karena mereka tahu kalau nantinya harus mengingat detail kebohongan itu untuk diulang kembali di lain kesempatan.

2. Perhatikan perubahan kata-kata mereka.

Biasanya Mereka yang berbohong tiba-tiba akan bercerita tentang hal detail yang tidak kamu harapkan. Misalnya, tentang info gadget terbaru, fashion terbaru atau tentang berita terbaru hari itu padahal kamu tidak menanyakan dan tidak membahas hal tersebut. kamu dapat menyadari kebohongan mereka dari reaksi spontan mereka saat itu, seperti rasa heran dan ekspresi mengangkat alis tanpa disadari.

3. Orang yang berbohong biasanya akan bertanya balik saat ditanya.

Misalnya, kamu bertanya, “Semalam ke mana?” dan ia menjawab “Semalam saya di mana, ya?”. Selain itu, menurut Geiselman, ada juga orang yang menjawab pertanyaan kamu dengan nada bicara lambat, kemudian semakin lama semakin cepat. Ini tandanya mereka sudah menemukan cerita bohong yang bisa diutarakan. Ada juga yang bicara dengan nada ragu, kalimat-kalimatnya cenderung pendek atau sering mengulang-ulang kalimatnya.

4. Lihatlah ekspresi mereka saat berbicara dengan kamu.

Ekspresi umum mereka adalah bibir yang tertutup rapat dan tidak menatap pandangan mata kamu. “Itu pertanda mereka sedang berpikir keras untuk memberi jawaban yang dapat diterima oleh kamu,” begitu penjelasan Geiselman. Selain itu, pembohong juga cenderung memperlihatkan bahasa tubuh tertentu, seperti bermain dengan baju atau rambut mereka.

Bagaimana, apakah kamu tertarik mempelajari trik ini?



Sumber
Previous
Next Post »